DAFTAR ISI
Kata
Pengantar …………………………………………………… ii
Daftar
Isi …………………………………………………………… iii
UNIT
5
a. Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
b. Menulis teks pidato/ceramah/
khotbah dengan sistematika
dan bahasa yang efektif
c. Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi
yang tepat dan artikulasi serta
volume suara yang jelas
d. Menerangkan
sifat-sifat tokoh dari kutipan
novel
yang dibacakan
e. Menjelaskan alur
peristiwa dari suatu sinopsis novel
yang dibacakan
UNIT 6
a. Menyimpulkan gagasan utama suatu
teks dengan
membaca cepat ± 300 kata per menit
b. Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
c. Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah
d. Menulis surat
pembaca tentang lingkungan sekolah
e. Mengidentifikasi
kebiasaan, adat, etika yang terdapat
dalam buku novel angkatan 20 – 30-an
f. Membandingkan karakteristik novel
angkatan 20 – 30 -an
UNIT 7
a. Mengubah sajian grafik, tabel, atau
bagan menjadi uraian
melalui kegiatan membaca
intensif
b. Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku
melalui kegiatan membaca ekstensif
c. Menulis karya ilmiah sederhana
dengan menggunakan
berbagai sumber
Penunjang
Kompetensi Berbahasa Indonesia
Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan
televisi/siaran radio
|
-Menggunakan kata yang
mengalami pergeseran makna
|
|
Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan
menggunakan kalimat yang jelas
|
||
Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui
kegiatan membaca intensif
|
||
Menuliskan kembali dengan kalimat
sendiri cerita pendek yang pernah
dibaca
|
||
Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang
pernah dialami
|
||
2
|
Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran
radio
|
Mengguna-kan kata tunggal
pengandaian, perban-dingan, dan sebab akibat
|
Mengkritik/memuji
berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
||
Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku
kumpulan cerpen
|
||
Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan
cerpen
|
||
Menceritakan
kembali secara lisan isi cerpen
|
||
3
|
Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan
tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
|
-Menggu-nakan kalimat inversi
-Imbuhan ter-, ter-kan, ter-i
|
Meresensi buku pengetahuan
|
||
Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan
ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf,
dan kebulatan wacana
|
||
Menganalisis unsur-unsur syair
yang diperdengarkan
|
||
Menemukan tema dan pesan syair
yang diperdengarkan
|
||
Menyanyikan puisi
yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irama yang dibangun
|
||
4
|
Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
|
Menggunakan kalimat perbandingan dan penyamaan
|
Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca
|
||
Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata
|
||
Membahas pementasan drama yang
ditulis siswa
|
||
Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa
|
Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
|
-Kata asing/ kata pungut
-Imbihan -i, -wi, -iah
|
|
Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika
dan bahasa yang efektif
|
||
Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta volume suara yang jelas
|
||
Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan
|
||
Menjelaskan alur peristiwa dari
suatu sinopsis novel yang dibacakan
|
||
6
|
Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca
cepat ± 300 kata per menit
|
-Preposisi
-Imbuhan se-, me-kan,
memper-
|
Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
||
Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah
|
||
Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
|
||
Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel
angkatan 20-30 an
|
||
Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
||
7
|
Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan
membaca intensif
|
-Imbuhan asing –is, -isme,
-isasi
-Kalimat majemuk bertingkat
-‘yang’ pada klausa relatif
|
Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca
ekstensif
|
||
Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
|
1.
Mampu menemukan hal-hal pokok
dalam pidato/ceramah/khotbah
2.
Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar